Salah satu cara melindungi konten blog adalah dengan mendaftar kepada DMCA Protection. Konten sebuah merupakan sebuah aset penting dalam kelangsungan hidup sebuah blog, oleh karena itu konten harus dilindungi dengan cara mendaftarkannya ke DMCA Protection. Lalu apa itu DMCA? 

Apa Itu DMCA?

DMCA adalah kepanjangan dari Digital Millennium Copyright Act. DMCA merupakan sarana untuk melindungi konten blog dari para plagiat yang suka copy paste konten sehingga tidak terjadi duplikat konten. 

Dengan mendaftarkan sebuah blog ke DMCA maka pemilik blog punya hak melaporkan konten yang dicuri ke pihak DMCA. Konten yang terlindungi jika telah Mendaftar DMCA Protection;

1.  Artikel

Artikel merupakan konten terpenting dalam sebuah blog/website. Dengan adanya artikel, pengunjung dapat masuk dan menemukan blog kita. Oleh karena itu artikel merupakan konten terpenting dalam perlindungan DMCA.

2.  Video, game, profil, aplikasi, dan lainnya yang berada di blog

Itulah dua item yang terlindungi oleh DMCA Protection. Jika anda melihat konten anda di copy oleh orang lain maka anda berhak untuk melaporkannya ke pihak DMCA sehingga tidak terjadi duplikat konten yang sangat merugikan pemilik blog.

Panduan Cara Melindungi Konten Blog Dengan DMCA

cara memasang dmca di blog
Sumber gambar: dmca.com

Sebagai cara melindungi konten blog anda, anda dapat mendaftarkan blog anda ke DMCA. Berikut ini adalah beberapa cara mudah mendaftar ke DMCA yang dapat anda gunakan untuk melindungi konten berharga anda.

  • Kunjungi situs DMCA.
  • Klik Sign Up untuk memulai proses pendaftaran.
  • Pilih Get A Free Badge
  • Pilih jenis Badge yang anda ingin.
  • Input website anda dan lengkapi data yang dibutuhkan.
  • Salin kode embed yang tersedia di sebelah kanan layar anda.

Cara Memasang Widget DMCA ke Blog

Anda juga dapat memasang widget DMCA di blog anda dalam rangka mengancam para pelaku copy yang ingin mencuri konten anda.

  • Setelah anda mendaftarkan blog ke DMCA maka anda akan dibawa ke halaman yang berisi kode java script yang harus dipasang di blog, tampilannya seperti gambar berikut ini.
  • Silahkan pilih salah satu yang anda suka dan cocok dengan tampilan blog anda, ada banyak pilihan. Silahkan scroll kebawah untuk melihat model-model lainnya.
  • Jika model widget sudah terpilih, silahkan copy kodenya.
  • Kemudian anda tambahkan kode dari DMCA Protection tadi ke widget blog anda. Silahkan pilih gadget, kemudian html script dan paste disana.
  • Selanjutnya simpan setelan.
  • Hasilnya dapat dilihat di blog ini. Arahkan pandangan anda ke samping kanan, disana sudah terdapat widget DMCA Protection yang sudah terpasang.

Mungkin ada yang mengatakan bahwa dengan mendaftar atau tidak mendaftar ke DMCA sama saja. Memang ada benarnya juga sih. Walaupun kita tidak mendaftar ke DMCA kita masih dapat melapor juga ke google apabila ada konten di blog kita yang dicuri. Akan tetapi dengan kita sudah terdaftar di DMCA Protection, posisi kita sebagai pemilik dan pelapor akan lebih kuat di mata google.

Selain dengan menggunakan DMCA, kami juga menyarankan agar anda membuat TOS di blog anda. Untuk memberikan edukasi dan sekaligus warning kepada para pengunjung blog anda, terkait dengan hak cipta dan konten yang anda terbitkan.

Itulah sedikit uraian mengenai cara melindungi konten blog dengan menggunakan DMCA. Konten merupakan aset terpenting blog oleh karena itu cara melindungi konten adalah mendaftar ke DMCA sehingga tidak terjadi duplikat konten yang merugikan pembaca.

Baca Juga: Perbedaan Pemasaran Online Dan Offline, Berpeluang Yang Mana?